Kamis, Juni 11, 2015

Review Album : Conscience Revolt - The Heat Of The World

Perkembangan musik yang cukup signifikan apalagi dalam jalur musik cadas saya rasa menjadi motivasi tersendiri bagi Conscience Revolt pasukan metalcore asal Cilacap ini. Meski self release tidak mengurungkan semangat mereka untuk menghasilkan sebuah tanggung jawab sebagai musisi atau pelaku seni musik, The Heat of The World menjadi anak pertama mereka setelah segala pemikiran, emosi, materi, hingga waktu terbuang akhirnya terbayar sudah. 9 track dengan muatan 8 full song dan 1 intro berhasil mereka tuangkan dalam debut album penuh perdana Conscience revolt. Tidak panjang kali lebar atau menceritakan sejarah mereka, disini saya akan sedikit mengusik materi mereka dalam album the heat of the world.

“From Conscience To Reality” menjadi Intro dalam track pertama di album ini, sepanjang 3 menit kalian akan disuguhi aransemen musik sederhana dengan sound lumayan nendang ditelinga. Sepertinya kalian harus introspeksi dulu jika menganggap musik mereka kacangan, yah “Introspeksi” siap membunuh kalian dengan beat-beat hardcore cepat yang siap meliarkan mosphit area. Tidak hanya cukup sampai disitu saja, Conscience Revolt semakin “biadab” di track ketiga. Disini mereka berhasil mempertahankan karakter metalcore ala as I lay dying, sangat jauh berbeda dari track sebelumnya. Atmospir semakin liar lewat aransemen musik mereka yang lebih cepat dari berbagai instrument. “Ordonansi Sakit Bangsa Terkutuk” tidak banyak perubahan disini, scream vocal Manank juga tetap konsisten dengan nada yang ada dan artikulasinya terdengar jelas. Next song Toni membuka track “Poso Berdarah” dan siap mendarahkan keringatkan kalian di track ini, jelang menit kedua mereka semakin liar layaknya musik grindcore yang sangat ngebut tapi itu tidak bertahan lama karena mereka tetap konsisten dengan benang merah musik metalcore dan masuk menit ke tiga pembacaan lirik-lirik bernada puitis menyelimuti menuju menit akhir lagu poso berdarah dan dengan lantang Manank meneriakkan Tragedi Poso Berdarah. “Instinct The Rebel” sepertinya mereka sedikit memberi perubahan dari track sebelumnya, yaitu dimasukkannya beberapa riff-riff gitar melodic untuk menambah cita rasa lagu tersebut. Semakin menuju akhir track, mereka semakin liar dan jahat.. “binasa” sepertinya siap membinasakan telinga saya, dalam track ini sedikit melodic guitar kembali dipertontonkan bahkan lebih cepat. “The Heat of The World” track ke delapan dan menjadi track favorite saya di album ini, penciptaan permainan yang sangat sempurna dengan menyatukan musik hardcore dan metal, tidak hanya itu mereka disini berhasil membuat kepala saya berheadbang dengan musikalitas yang sangat berbeda dan penambahan guitar melodic up tempo cukup perfect. The last song “Pemberontakan Nurani”, masuk menit kedua mereka menurunkan tempo sembari sang frontman berkotbah sampai jelang menit ketiga aroma liar kembali dipertunjukkan dan menuju akhir lagu ini mereka kembali sedikit menurunkan kembali tempo yang ada karena sang gitaris akan unjuk gigi memainkan melodic guitar.

Secara keseluruhan album ini mempunya ciri khas tersendiri, vocal scream manank juga mempunya karakter tersendiri, nada-nada metalcore yang cukup liar dan cepat banyak ditawarkan dalam album the heat of the world serta beberapa riff gitar melodic menyempurnakan rasa yang ada dalam musik conscience revolt. Selain itu untuk cover art, mereka cukup simple art yang dipilih seperti sebuah kejutan tersendiri bahwa cover art simple belum tentu musik yang dihasilkan sesimple artnya dan digital art album ini dikerjakan oleh Gilang. Percaya atau tidak bahwa musik mereka cukup easy listening, kalian bisa membuktikannya dengan membeli cd mereka sebagai bentuk dukungan terhadap karya musik indie tanah air.

Band : Conscience Revolt
Album : The Heat of The World
Asal : Cilacap
Label : Self Release
Rate : 8.5/10

Track List
1. FROM CONSCIENCE TO REALITY
2. INTROSPEKSI
3. BIADAB
4. ORDONANSI SAKIT BANGSA TERKUTUK
5. POSO BERDARAH
6. INSTINCT THE REBEL
7. BINASA
8. THE HEAT OF THE WORLD
9. PEMBERONTAKAN NURANI

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search